Search

Friday, July 13, 2012

Teknologi ramah lingkungan


Teknologi ramah lingkungan
1.pengertian :
 Teknologi ramah lingkungan merupakan segala jenis aplikasi teknologi yang dapat memberikan kepuasan penggunaannya dengan sunber daya lingkungan yang lebih rendah .Secara umum teknologi adalah teknologi yang hemat sumber daya lingkungan .
2.Keuntungan :
a.    .menghemat sumber energi dan mengenefisikan tenaga,baik tenaga manusia,alam,maupun mesin
b.      menghindarkan manusia dari bahaya polusi,penyebaran penyakit,keracunan dan berbagai macam resiko penyakit yang ditimbulkan.
c.       menekan biaya pembuatan dan menggunakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
d.      mengurangi jumlah sampah anorganik yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme.
3.macam-macam teknologi ramah lingkungan
a.       biofel : setiap bahan bakar padatan ,cairab,maupun gas yang dihasilkan oleh bahan bahan organik.
b.      bahan bakar nabati (biofel) terdiri atas 3 produk yaitu : Biodesel , Bioalkohol dan minyak nabati asli (pure plant oil)
c.       biogas adalah gas yang mudah terbakar yang dihasilkan dari proses fermentasi bahan bahan organik oleh bakteri aenorob(bakteri yang dapat hidup dalam lingkungan yang kedap udara).


Macam-macam teknologi ramah lingkungan lainnya :
-pemeras minyak
-pengggiling berdayung
-oven dan tungku
-listrik
-kerbau dan sapi untuk membajak sawah dll.
4.penggunaan teknologi ramah lingkungan
Teknologi ramah lingkungan digunakan untuk melakukan kebutuhan pokok manusia.kebutuhan tersebut banyak macammya, salah satunya yaitu : sandang, pangan , papan.
a.       .sandang merupakan kebutuhan pokok manusia dalam hal pakaian , kebutuhan sandang berkaitan dengan sarana perlindungan manusia secara langsung dari panas,dingin,dan kondisi suhu atau suasana yang ekstrim
b.      bpangan merupakan kebutuhan pokok yang tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan jasad dan fisik manusia ,kebutuhan pangan berkaitan dengan makanan yang dikonsumsi oleh manusia untuk bertahan hidup.
c.       .papan merupakan kebutuhan pokok manusia akan tempat berlindung dari cuaca buruk,hujan,angin.Kebutuhan ini berupa tempat tinggal seperti rumah.


Selain itu ada juga kebutuhan manusia yang lain , seperti :
A.sumber energi
Energi matahari adalah energi yang paling ramah lingkungan dibanding dengan mesin pengering , yang bisa digunakan untuk menjemur pakaian , menjemur padi dll.
B.sarana transportasi
Alat transportasi yang paling ramah lingkungan adalah sepede karena sangat efisien dari segi energi.
untuk transportasi individu bermesin , monil listrik lebih ramah lingkungan dibanding mobil biaasa karena kapasitas baterai dalam penyimpanan energi saat ini masih sangat kecil , belum sebanyak paada berat yang sama.
Dilaut juga dikembangkan lapal modern yang lebih ramah lingkungan , yaitu yang menggunakan mesin dan sekaligus layar mekanis.
C.Informasi dan komunikasi
Komunikasi elektronik sangat ramah lingkungan jika diterapkan dengan tepat , teknologi komunikasi akan mengurangi kebutuhan transportasi dan juga dapat disebarkan tanpa kertas (paperles) sehingga mengurangi jumlah pohon yang ditebang.

3 comments:

  1. contoh penggunaan teknologi ramah lingkungannya donkk..

    ReplyDelete
  2. teknologi ramah lingkungan yang bisa di terapkan di lingkungan rumah apa ya?

    ReplyDelete
  3. contohnya? banyak, apalagi buatan org2 yang udah hebat, tapi ak punya loh buatan ak sma tmen2 lumayan sebagian udah juara2 jabar banten, mskipun msh kalah yg se nasional :D mau contoh bidang apaa?

    ReplyDelete

jangan lupa untuk meninggalkan komentar anda tentang posting di atas.Kritik dan saran anda akan sangat berharga bagi saya.Terimakasih.