Search

Loading...

Thursday, June 14, 2012

Teknologi Ramah Lingkungan


Teknologi Ramah Lingkungan

Teknologi ramah lingkungan (eco-friendly-technology) adalah segala jenis aplikasi teknologi yang dapat memberikan kepuasan penggunanya dengan sumber daya lingkungan yang lebih rendah. Teknologi yang diterapkan adalah yang termurah dari sudut ekonomi, menggunakan sumberdaya alam maupun sumber daya manusia yang murah walaupun dari sudut ekologi bisa saja dinilai mahal. Hal ini karena sistem ekonomi masih jarang menilai lingkungan dengan harga yang wajar. Misalnya, berapa nilai oksigen yang kita hirup atau nilai lingkungan udara yang kita cemari dengan gas buang? Sebuah mesin yang lebih banyak menyedot oksigen untuk hasil kerja yang sama, secara ekologis adalah lebih mahal, walaupun secara ekonomis mungkin lebih murah. Hal ini karena oksigen itu menjadi berkurang untuk digunakan oleh mahluk hidup yang lain – termasuk manusia
Secara umum, teknologi ramah lingkungan adalah teknologi yang hemat sumberdaya lingkungan (meliputi bahan baku material, energi dan ruang), dan karena itu juga sedikit mengeluarkan limbah (baik padat, cair, gas, kebisingan maupun radiasi) dan rendah risko menimbulkan bencana.
Karena itu teknologi ramah lingkungan sangat bermanfaat bagi umat manusia. Dan sebagian negara telah mengembamgkan teknologi ramah ling kungan. berikut adalah contoh-contoh teknologi raman lingkungan yang di kem bangkan oleh negara-negara maju :
 - Listrik dari glukosa anggur
Pameran produk eco di Tokyo diadakan baru-baru ini dan menampilkan teknologi gula anggur atau glukosa yang dapat dirubah secara langsung menjadi listrik. Teknologi dari perusahaan Sony ini bertujuan untuk menunjukkan anak-anak mengenai proses pembuatan bahan bakar alternatif. [Kazuko Takamatsu, Sony Environmental Center]: "Lingkungan dan masa depan, kedua hal ini bertumpu di bahu anak-anak, jadi kami berharap untuk memicu minat dan mencari cara untuk mendorong gaya hidup dan tindakan yang ramahlingkungan." Maksud dari percobaan ini juga untuk memperkenalkan konsep baru baterai Sony, yang memungkinkan glukosa khusus berbasis bahan bakar untuk menghidupkan elektronik. Selain itu, ada pula perusahaan Jepang Onward Kashiyama yang memamerkan alat pengolah baju bekas mereka. [Akio Hanida, Onward Kashiyama]: "Kami memutuskan untuk membuat baju ini dengan pemikiran bahwa penggabungan sejumlah besar tindakan kecil akan menjadi sesuatu yang ramah lingkungan.- kapal modern dengan layar mekanis Informasi dan Komunikasi.
Komunikasi elektronik adalah sangat ramah lingkungan jika diterapkan dengan tepat. Telekomunikasi akan mengurangi kebutuhan transportasi, berarti hemat energi. Informasi juga dapat disebarkan tanpa kertas (paperless) sehingga mengurangi jumlah pohon yang harus ditebangi
Teknologi kertas daur ulang juga termasuk bagian upaya ramah lingkungan di sektor informasi. Dalam hal ini, tinggal menunggu kesadaran para penerbit. Jika di Indonesia, para penerbit justru berlomba menggunakan kertas yang putih agar terkesan lux, di luar negeri getol dikembangkan kertas daur ulang. Konon untuk mencetak novel Harry Potter 7, sampai dikembangkan 32 jenis baru kertas daur ulang. Penerbit di Kanada menggunakan kertas daur ulang 100%, sementara di Amerika baru 30%. Upaya ini sudah membuat edisi bahasa Inggris novel ini menghemat penebangan hampir 200ribu pohon dan 8 juta kg gas rumah kaca.
Beberapa orang telah mengembangkan teknologi ramah lingkungan demi kehidupan mereka agar lebih baik. jika kita punya keinginan yang kuat mungkin kita dapatmembuat teknologi yang lebih maju lagi.

Find more article,click here

No comments:

Post a Comment

jangan lupa untuk meninggalkan komentar anda tentang posting di atas.Kritik dan saran anda akan sangat berharga bagi saya.Terimakasih.