Search

Sunday, May 27, 2012

Belajar Membuat Template Sendiri-Struktur Template


 Belajar Membuat Template Sendiri-Struktur Template 


Untuk sobat blogger yang template blog nya masih buatan orang lain seperti blog saya yang masih memakai template buatan orang lain,namun saya memiliki keinginan untuk bisa membuat sendiri template untuk blog saya,begitu juga untuk sobat2 blogger kan?pasti pengen punya blog dengan template buatan sendiri,untuk mewujudkan keinginan itu,saya mencari artikel tentang cara membuat template sendiri,dan akhirnya saya menemukan artikel berjudul Belajar Membuat Template Sendiri (1) dari  blog THINKING OUT OF THE BOX ,yang isinya tentang struktur layout dari template sederhana,berikut struktur layout dari template:




di gambar telah di beri pewarnaan dari masing-masing struktur tersebut :

1. Body : merupakan suatu gambaran area yang mencakup keseluruhan template
2. Outer-wrapper : merupakan suatu area yang umumnya terdapat bagian header, content dan footer 
3. Header-wrapper : merupakan blok area yang umumnya terdapat di atas dan berisi judul atau deskripsi dari blog kita. bagian ini juga bisa di modifikasi sesuai kebutuhan sobat
4. Content-wrapper : merupakan bagian dari outer wrapper yang umumnya content ini berisi main wrapper dan sidebar-wrapper.
5. Footer-wrapper: merupakan suatu blok area yang berada di bawah dan umumnya berisi data catatan mengenai copyright pembuat template atau bisa juga di isi widget
6. Main-wrapper : merupakan suatu blok area yang umumnya berisi post, date post, post footer, comments block dan bisa juga untuk menambahkan bagian add elements jika kita inginkan.
7. Sidebar-wrapper : merupakan suatu blok area yang umumnya berisi widget-widget, sidebar ini bisa di tambahkan., pada contoh ini ia memakai 2 kolom : yaitu 1 kolom main, dan 1 kolom sidebar. Kebutuhan kolom di sesuaikan dengan desain dan keinginan sobat.
seperti itulah struktur layout yang di jelaskan di artikel tersebut,sebagai pengenalan sebelu belajar membuat template.
 
"Blog Onefath17 adalah versi dinamis dari blog OneFath20,jadi hampir semua postingan isinya sama karena keduanya memiliki pemilik dan penulis yang sama."

Read more: http://subagya.blogspot.com/2008/10/belajar-membuat-template-sendiri-1.html#ixzz1w8JHBrA8
Under Creative Commons License: Attribution

No comments:

Post a Comment

jangan lupa untuk meninggalkan komentar anda tentang posting di atas.Kritik dan saran anda akan sangat berharga bagi saya.Terimakasih.