Search

Saturday, May 26, 2012

Etika BerE-mail

Etika BerE-mail


Sobat blogger pasti sudah mengenal yang namanya E-mail,E-mail merupakan salah satu fasilitas internaet yang paling bayak digunakan.hal itu di sebabkan karena e-mail adalah alat komunikasi yang murah dan cepat,e-mail akan sampai di tujuan hanya beberapa detik setelah kita mengirimkannya.Seperti halnya fasilitas internet lain,E-mail juga mempunyai Etika dalm menggunakannya.Namun,banyak orang yang melupakan Etika Ber'e-mail,emang sih gak ada hukumannya jika sobat blogger melanggar etika itu,namun itu menggambarkan bahwa sobat blogger tidak punya etika,sobat blogger mau disebut tidak ber etika?atau disebut tidak berpendidikan? pastinya gak mau dong disebut seperti itu,kalau sobat blogger gak mau,sobat harus mematuhi etika pada apapun yang sobat lakukan,tak terkecuali mengirim e-mail,soabt blogger pasti tau kan etika mengrim e-mail? pastinya tau dong,masa udah mahir di blog tapi gak tau etika dalam mengirim e-mail,Tapi jika sobat blogger tidak tahu atau lupa,berikut Etika Mengirimkan e-mail:
  1. Langsung ke pokok permasalahan,karena dalam membaca e-mail yang terlalu panjang kadang membuat orang bosan.
  2. Jawablah semua pertanyaan yang di ajukan si pengirim kepada kita.
  3. Gunakan subjek/judul yang sesuai.
  4. Lakukan pengeditan sebelum mengirimkan e-mail.
  5. Hapuslah pesan reply yang tidak perlu
  6. Jangan meneruskan e-mail berantai.
  7. Hormati Privacy orang lain.
  8. Gunakan huruf besar seperlunya
  9. Hati-hati bila menggunakan singkatan dan emoticon,karena belum tentu si penerima mengerti apa yang kita maksudkan.
  10. Jangan melakukan SPAM
  11. Jangan terbawa emosi.jika kita menerima e-mail yang kurang menyenangkan ,jangan dibalas saat itu juga,pikirkan dulu apa yang sebenarnya orang maksudkan si pengirim agar tidak terjadi salah paham.
  12. Jangan Lampirkan file yang tidak perlu
  13. Buatlah layout yang baik.
nah,begitulah etika dalam bere-mail,dengan mematuhi etika tersebut,menandakan bahwa sobat adalah pengguna e-mail yang beretika dan berpendidikan,..semoga bermanfaat ya...


No comments:

Post a Comment

jangan lupa untuk meninggalkan komentar anda tentang posting di atas.Kritik dan saran anda akan sangat berharga bagi saya.Terimakasih.